Bupati Adnan Bersama Rombongan Pantau Proses UNBK di Sekolah-sekolah

0
132

MakassarSatu.com, Gowa | Wow..Wow..Wow.. Decak kagum jaman now ini, tidaklah berlebihan hadir ketika menyinggung Dunia Pendidikan Kabupaten Gowa, yang dipenuhi dengan terobosan-terobosan inovasi, dimana tidak saja menguntungkan dan memberi kemudahan-kemudahan bagi siswa-siswi di Kabupaten Gowa, tapi juga diantaranya menjadi kiblat bagi Pendidikan Nasional RI.

Dimulai dari Program Pendidikan Gratis, yang betul-betul tanpa pungutan, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yang tidak mengenal istilah tinggal kelas, Investasi SDM Seperempat Abad, Gowa Kabupaten Pendidikan (GKP) dan yang terbaru adalah bebas Membaca, Menulis dan Berhitung (Calistung) untuk SD kelas 1 dan 2. Semua terobosan ini hanya ada di Gowa, tidak ada di daerah lain di Seluruh Indonesia.

Managerial Adnan Purichta Ichsan, sebagai ‘The Regent of Gowa’, terus menambah kilau di Dunia Pendidikan Gowa. Pola pikirnya, terus diasah secara kontinyu dan berkesinambungan, guna hadirnya selalu kebaikan-kebaikan dengan muara meringankan beban masyarakat kecil dan miskin, serta menghilangkan istilah ‘kaum yang termarjinalkan’ untuk mendapatkan pendidikan di Kabupaten Gowa.

Saat ini pun, dalam kerangka terus aktif mencurahkan perhatiannya di Dunia Pendidikan Gowa, bertepatan pula dengan ujian akhir dari siswa-siswi SMP Negeri dan Swasta di Gowa, maka Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, memantau langsung proses Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMP.

READ  Kapolda Sulsel Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Wapres

Dalam pemantauan tersebut Bupati Adnan, bersama Ketua DPRD Gowa, A Muhammad Ishak, serta di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Abd Salam, juga diikuti rombongan lainnya.

Bupati Gowa mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan di dua sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yakni: SMPN 1 Sungguminasa dan SMPN 2 Sungguminasa. Ia pun merasa bersyukur, proses ujian tahun ini berjalan lancar, utamanya sekolah yang melaksanakan mekanisme UNBK.

“Dua sekolah yang kita pantau hari ini, pelaksanaannya berjalan baik dan lancar, semua siswa hadir. Jaringan servernya pun tidak ada kendala sehingga berjalan sesuai jadwalnya,” urai Adnan, usai memantau di SMPN 2 Sungguminasa, Senin (22/04/2019).

Lebih jauh di uraikannya, tahun ini seluruh siswa yang mengikuti ujian nasional telah membekali dirinya dengan maksimal. Sehingga tidak ada kendala bagi mereka, seperti penggunaan komputer atau laptop saat ujian.

“Jika kita melihat raut wajah anak-anak hari ini yang ujian, saya rasa mereka lebih siap. Mereka pun semangat, karena memang semangat menjadi hal utama. Karena itu yang akan menentukan bagaimana hasil ujian yang kita kerjakan,” ungkapnya.

READ  Kapolres Sinjai Wisuda Purna Bakti Personil Polres Sinjai

Pada pelaksanaan ujian nasional tahun ini, lanjutnya, sekitar 17 sekolah dari 109 sekolah SMP di Gowa baik negeri maupun swasta yang telah melaksanakan sistem UNBK. Olehnya, ke depan ia akan mendorong bagaimana seluruh sekolah di Gowa telah melakukan sistem UNBK.

“Secara bertahap kita akan terus upayakan terjadi peningkatan jumlah sekolah yang melakukan ujian nasional berbasis komputer,” tandas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Abd Salam menambahkan, secara substansi UNBK memang belum di maksimalkan di sekolah yang ada di Gowa. Faktor kendalanya pun bukan karena sarana prasarana seperti komputer, tetapi dipengaruhi oleh keadaan geografis seperti sekolah di daerah dataran tinggi.

“Sebenarnya UNBK atau online dan ujian sistem manual atau offline sebenarnya adalah sebuah instrumen saja. Karena durasi waktu maupun soal ujian sama antara keduanya, hanya saja kualitas dan instrumen pendidikan semakin maju dari masa ke masa,” pungkasnya.
(**/Syahrir AR)