Danny Pomanto “Ubah Mindset Soal Sampah Dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019

MakassarSatu.com, Makassar | Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di Kota Makassar harus menjadi momen menguatkan komitmen kita menggalakkan program unggulan Makassar, yakni Makassar Tidak Rantasa.

Kegiatan ini merupakan arahan langsung Presiden Joko Widodo yang digelar di TPS3R Pesantren Darul Aman, Jl. KH Abd Jabbar Asyiri, Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Minggu (23/02/2019).

Tema yang diangkat pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 soal “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai”.

Ada masyarakat bertanya soal alasan mengapa Kota Makassar belum mencanangkan gerakan Makassar Bebas Plastik. Kami memandang plastik itu harus dikendalikan. Karena itu yang harus diproduksi adalah plastik yang tidak mencemari lingkungan. Pengendalian plastik jauh lebih penting dari gerakan bebas plastik.

See also  Danny Pomanto Hadir Dalam Rapat Koordinasi Pencegahan Bencana

Jika bank sampah mengelola plastik dengan baik, maka akan membawa dampak baik pula, Karena sampah plastik punya nilai ekonomis. Persoalannya tinggal bagaimana plastik tidak menjadi polutan, baik di air, tanah, maupun di udara.

Sejalan dengan fokus pengelolaan lingkungan, mariki’ memiliki budaya peduli lingkungan juga. Salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya. (**)

Advertisement