Hari Ke-2 Operasi Lilin, Kasat Narkoba Pimpin Pengamanan Tempat Ibadah di Wasuponda, Towuti dan Nuha

MakassarSatu.com, Lutim | Sejumlah anggota Polres Luwu Timur dikerahkan untuk mengamankan jalannya perayaan natal dan tahun baru 2019.

Demikian halnya yang terpantau di wilayah Kecamatan Wasuponda, Towuti dan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, Selasa (25/12/2018).

Tampak personil dari Sat Resnarkoba dan Sat Reskrim Polres Lutim yang tergabung dalam tim pemukul atau tindak tersebut, melakukan patroli hungting di sejumlah tempat ibadah (Gereja-red).

Tujuannya, memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat dalam menjalankan ibadah.

Pengamanan yang dilakukan tim pemukul atau tindak itu, dipimpin langsung Kasat Narkoba Polres Lutim, IPTU Hery M. ZA.

Hal tersebut juga merupakan giat Operasi Lilin 2018 yang saat ini telah memasuki hari kedua.

See also  Satgas Perbatasan RI Kembali Gagalkan Penyelundupan Spare Part Mobil

Kasat Narkoba, IPTU Hery M. ZA mengatakan, tugas tim pemukul dan tindak ada tiga yakni preemtif, preventif dan represif, ungkapnya kepada wartawan.

Dijelaskannya, adapun yang dimaksud tindakan preemtif yaitu secara edukatif persuasif mengunjungi dan mengajak para pemuda-pemudi gereja untuk bersinergi menjaga Kamtibmas yang kondusif dan berkenan memberikan informasi kepada pihak kepolisian jika ada informasi yang berpotensi terjadinya kerawanan gangguan Kamtibmas.

Sementara tindakan preventif kata Hery, membantu pengaturan dan menyeberangkan jemaah gereja yang akan masuk dan pulang selesai ibadah di depan gereja.

Terakhir tindakan represif yakni, jika ditemukan potensi pelaku yang indikasinya mengganggu jalannya ibadah akan dibawa ke Polres untuk dimintai keterangan secara prosedural tegas dan humanis, paparnya.

See also  Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, Polres Sinjai Bersihkan Lapangan Tempat Pelaksanaan Sholat Id

Ini bertujuan memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat, kelompok, organisasi atau lembaga pemerintahan yang melaksanakan suatu kegiatan tidak mengalami kendala sehingga berjalan dengan aman dan tertib. “Dan giat hari ini berakhir aman, tertib dan lancar,” tambahnya.

Untuk diketahui, giat tersebut juga merupakan tindak lanjut serta mendukung program kerja Kapolres Lutim, AKBP Leonardo Panji Wahyudi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya menjadi Polisi yang bermanfaat bagi sesama manusia. (**)

Advertisement