Ke 4 Kalinya L-Kompleks Layangkan Sengketa Informasi Ke KIP Sulsel

0
51

MakassarSatu.com, Makassar | Ruslan selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Peduli Lingkungan Ekonomi Sosial (L-Kompleks) kembali mengajukan sebanyak 10 (Sepuluh) berkas Kasus Penyelesaian Sengketa Publik ke Komisi Informasi Publik (KIP) Sulawesi Selatan, Senin (09/12/2019).

Penyelesaian Sengketa Publik terpaksa dilayangkan karena surat permintaan informasi publik yang dilayangkan oleh Ruslan (Sekjen L-Kompleks) tidak ditanggapi atau ditanggapi namun perrmintaan tidak sesuai dengan permintaan yang dimintakan.

“Dari seluruh Instansi Pemerintah maupun Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN)/Swasta, tidak adapun satu instansi tersebut yang kooperatif untuk memberikan/membuka informasi publik yang seharusnya diberikan kepada pemohon informasi,” ungkap Ruslan.

“Sehingga dengan terpaksa berdasarkan aturan yang ada, langkah yang kami ambil adalah menyelesaikan sengketa publik tersebut ke KIP sulsel sebagai penyelesaian tingkat pertama untuk kasus sengketa informasi publik,” lanjut Ruslan.

READ  Dalam Rangka HUT Lantas Ke-64, Satlantas Polres Sinjai Gelar Anjangsana Beri Bantuan Di SDLB Panti Asuhan Al-Hidayah

Kali ini sebanyak sepuluh (10) berkas kasus penyelesaian sengketa yang diajukan L-Kompleks ke KIP sulsel dengan enam (6) Instansi pemerintah, baik dari Kota Makassar maupun dari Kabupaten Gowa.

Diketahui sudah sebanyak lima puluh dua (52) berkas sengketa informasi publik yang diajukan oleh L-Kompleks ke KIP Sulsel guna diselesaikan melalui jalur sengketa informasi dan sebanyak empat (4) kabupaten/kota yang diajukan sengketanya.

Selanjutnya L-Kompleks tinggal menunggu Jadwal Sidang sengketa informasi publik yang aka digelar oleh KIP Sulsel, berdasarkan informasi dari staf KIp Sulsel, diperkirakan paling lambat minggu depan sidang sengketa publik akan segera dilaksanakan. (**)